Jumat, 31 Mei 2013

Keseharian HSnya kami


Aktivitas keseharian dalam menjalankan HS berkaitan dengan pengaturan waktu belajarnya hadid dan pekerjaan dapurku.  Kalo tentang mengatur waktu belajarnya hadid dan waktu beberes rumah dan masak dan nyuci, kadang emang nggak bisa ditetapkan....aku nggak bisa mematok waktu. Jam segini harus ini, jam segitu harus itu.  Karena momen belajar hadid itu nggak tentu dan karena aku menjalankan UNSCHOOLING dimana belajarnya hadid adalah kesehariannya. Mulai dari bangun tidur sampai naik ke tempat tidur lagi.

Oya, ini jadwal rutinitas hadid yang ku tulis dan kupajang di dinding kamar.



Sementara ini yang menjadi target keseharian adalah menciptakan pola dan rutinitas seperti makan 3 kali sehari, mandi 2 kali sehari (walo kadang sampe 3 kali kalo hadid udah keringetan), tidur siang, nonton video atau main laptop setelah sarapan dan mandi pagi dan hanya siang hari, membiasakan membaca doa pada saat aktivitas dilakukan,membiasakan hadid mengucapkan maaf, tolong, terimakasih, serta membaca buku sebelum tidur.

Sebenarnya ada dua PR besar yang belum maksimal terlaksanakan dan aku merasa bersalah banget karena itu.  Dua hal itu adala belajar Iqro, hafalan quran dan pembiasaan sholat 5 waktu buat hadid. 
Soal belajar membaca iqra atau huruf hijaiyahnya, hadid suka menolak..... Sepertinya hadid kurang tertarik dengan buku yang biasa di jual dipasaran itu.  Aku benar2 pusing dibuatnya...soalnya kadang mau kadang nggak mau.  Kadang hadid yang request halamannya (kalo sudah begini aku jadi kesel). Terkadang juga mintanya Qur’an bunda yang besar! Hadooooh...Ada buku belajar mengaji terbitan Dar Mizan judulnya Thagona. Nah yang ini baru suka. Mudah-mudahan kedepannya bisa lanjut terus.  Soalnya aku ini kadang lupanya itu loh...parah banget!. Oya soal menjalankan HS ini juga soal momen belajarnya diriku sendiri yang kadang sering nggak konsisten sama jadwal dan niat dihati. Kalo hafalan Quran juga masih nggak konsisten akunya, kadang lupa kadang inget.

Nah , kalo soal sholatnya kadang aku suka ajak hadid ke mesjid kalo magrib.  Sholat 5 waktu masih sering lupa aku ajakin.  Aku pernah baca artikel bahwa kegiatan belajar sholat bagi anak usia dini harus dirasakan anak sebagai aktivitas yang menyenangkan, makanya jika hadid menolak aku nggak maksa. Tapi yaaaa minimal aku selalu sholat di dekatnya, hehehe...lagi-lagi...mentolerir diri. Padahal hadid 4 tahun masuk 5 nih...*panik, bentar lagi 7 tahun!

Momen belajar per tema yang aku jalankan untuk hadid tidak tentu.  Kadang pagi aku suka menunggu hadid bangun dulu baru baca Al Quran dekat dia.  Nah, saat itu aku juga bacakan arti ayatnya , tapi pilih yang baik-baik dan pilih yang cocok untuk hadid aja dulu, misalnya tentang Allah sang pencipta, alam,bumi, hujan, syurga, nabi-nabi. Penah bangun tidur karena aku lagi baca Quran, hadid mendengar cerita tentang nabi Muhammad, jadi aku siapkan tulisan arab Muhammad dan kami main menempel pagi itu, sebelum makan dan mandi!  kadang baca siroh nabi di buku hadid karena terjemahan ayat Quran yang aku baca tentang nabi. Kadang main sains kalo hadid minta...

Pagi, jam delapan atau sembilan kadang teman hadid sudah mulai datang kerumah (ada 4 temannya yang senang main kerumah).  Kadang aku biarkan mereka bermain sesukanya. Kadang kalo lagi dapat ide, kami main bersama sperti main cat air, gelembung sabun, memepel, mewarnai, meronce dll. Siang, jam 12 teman hadid pada pulang makan dan tidur siang.
Sore kadang hadid main di luar, kadang nonton TV. Setelah itu makan malam dan siap2 baca buku  lalu tidur.  Sebelum tidur pernah juga hadid ngajak main dulu, bisa menulis, main balok, main mobil-mobilan atau mewarnai. 


Jadwal aku memasak disesuaikan...jika hadid bisa dtinggal main sendiri atau lagi asik dengan temannya, maka saatnya aku memasak. Begitu juga mencuci, menjemur pakaian, menyetrika dan menyapu rumah.  Kadang juga disesuaikan dengan kegiatan jualan online-ku. Alhamdulillah selama ini hampir selalu semua beres sebelum ayah pulang. Jadi beliau bisa istrirahat atau sekedar canda-candaan sama hadid setelah makan malam dan mau bobo.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar