Sabtu, 13 April 2013

Catatan belajar hadid Maret 2013

Bulan ini bunda makin banyak dapat ide , Alhamdulillah...dimulai dari potongan kardus bekas blender baru (hadiah dari ayah) yang ini...karena bentuknya yang lucu, bunda jadi kepikiran main tempel kacang tanah ini...Btw ini seragam sekolah hadid waktu masih TK A, hadid masih suka memakainya..






lanjuuut...
Bunda : Hadid, kita minta kardus bekas ke warung  belakang yuk!
Hadid : ayuuuk...*sambil loncat2 dan cium bunda * ;)

Ide kali ini membuat pohon apel




Hmm belajar out door! itu yang kepikiran sama bunda, tapi nggak ada playground deket rumah, tp alhamdulillah ada 'kampus ayah' = Universitas islam Riau yang bisa dijadiin objek outing yang seruuuu ;)
Ide bunda kali ini mengajak hadid menghitung dan mengamati hewan sepanjang perjalanan kami.  Bunda meminta hadid membaca buku gambarnya dan menuliskan tabel.  Hadid belajar membuat garis lurus.  Kemudiaan di kolom keterangan dibuatkan jumlah dan bunda buatkan titik titik untuk hadid belajar menulis nagka.  Ini masih harus diulang karena hadid belum berhasil bunda ajak menyambung titik











Pulang dari kampus ayah hadid punya ide main sendiri...Masak-masak! bunda memang sengaja belikan penjepit in dari pasar kaget dekat rumah, hadid suka penjepit!







Ini adalah buku pengantar tidur hadid...Ya Allah...betapa bunda ingin hadid mencintai dan meneladai Nabi Muhammad,....amin..


Sepupu hadid, zia, suka sekali main kerumah, bunda jadi kepikiran buat bahan ajar yang seru ini...




Kembali membuat pohon angka, hadid belajar seputar pengenalan angka..Idenya hadid dibelakang daun  dituliskan nama sepupu-sepupunya karena katanya daun-daun itu akan diberikan ke sepupu-sepupunya itu, whah...lucu...







kali ini membuat pesawat. Pola gambar pesawat ini sebetulnya bunda dapat setahun yang lalu, tp baru kesampaian sekarang, karena dulu bunda kerja fulltime kali yee...Alhamdulillah,  memang kudu harus ADA waktu untuk anak, bukan SISA waktu. Bunda bertekad sekali  kalo karir bunda harus mengikuti perkembangan hadid.  Makanya bunda rela ninggalin pekerjaan jadi guru di sekolah ASBP.  .









Hadid juga bunda ajak bikin mobil2an kayak gini nih...



Selanjutnya sesi main sains dengan air.  Bunda lagi jemur kain, tiba tiba hadid nemu pipa paralon bekas punya ayah. Bunda mengamati dan berfikir " hadid mau ngapain yah?" ternyata pipa disambungkan oleh hadid ke selang air dan jadilah air mancur!... Karena udah basah hadid bunda suruh mandi dan di kamar mandi hadid ada ide lagi buat sain dengan air.  Kalo ada sesatu yang baru hadid bilangnnya "main percobaan", he...hadid masuk kedalam ember dengan pakaian lengkap dan membuat gelembung udara dari bajunya! hadid excited sekaliiii.....hadid lalu menanyakan "kok menggembung bunda?" karena ada udara di dalamnya...Teringat pesan pak guru A Muzi Marpaung, "biarkan ia bermain dan mengamati" ia sedang belajar bukan? bayangin kamar mandi bisa jadi kelas belajar yang spesial!!





Yang ini masih main sains...pagi2 bunda udah ngajak hadid main "warna berlarian"




Kembali main sains...kali ini membuat gelembung dari bukunya pak muzi lagi..seru...




Kali ini bunda perdana bikin kue. setelah dibeliin mixer dan oven gede sama ayah bunda baru berani bikin kue sendiri di ujung vmaret 2013 ini. perdana? iya...emang kagak bisa masak-masak yang beginian. Hadid ikut membantu sambil jingkrak2 tentu karena senang banget...Kue selesai jam 9 malam! dan hadid masih 'ON'! hadid dapat ide masak kue ala dia sendiri...









Jalan-jalan sore kali ini berujung ke suatu tempat favorit hadid. kebetulan di pinggir komplek ada excavator nongkrong,jadi hadid minta kesana.  hadid mulai deh..lihat ini lihat itu, tanya ini tanya itu, bunda kadang nggak tau jawabannya, palagi yang bagian rodanya... Senang sekali melihat hadid 'belajar' dan mengamati disni..







Bermain balok kayu juga favorit hadid banget...hadid berkreasi menciptakan komplek perumahan




Demikian rekapan yang bunda kumpulkan untuk belajar hadid bulan maret. Bunda senang sekali bisa menemami hari-hari belajar hadid...Oya, disela-sela hari belajar ini banyak PR yang harus bunda lakukan untuk hadid.  hadid masih sulit untuk diajak baca Iqro', Mungkin karena bukunya tidak menarik, bunda masih belum menemukan cara yang asik buat hadid. Dan hadid sekarng ini suka menunda-nunda mandi dan makan...benar2 diuji kesabaran bunda untuk terus keep smiling kalo hadid lagi berulah....Semoga Allah terus mengatkan kesabaran bunda. Amin.

2 komentar:

  1. udah banyak sekali ya pelajarannya bang hadid :)

    BalasHapus
  2. materiny menarik, mb..
    cuma menurut sy kurang tertata, terlihat menumpuk..

    mungkin bisa dpilah per hari atw per subjek.
    sekedar saran.. :)

    BalasHapus